Cara Membuat Kerupuk Duri Ikan Lele

Cara Membuat Kerupuk Duri Ikan Lele


Bahan dalam Cara Membuat Kerupuk Ikan Lele
1.      500 gr ikan lele segar
2.      250 gr tepung sagu
3.      2 btr telur ayam
4.      6 siung bawang merah, haluskan
5.      6 siung bawang putih, haluskan
6.      2 sdm gula pasir
7.      2 sdt garam
8.      2 sdt kaldu bubuk
Cara Membuat Kerupuk Ikan Lele
1.      Langkah pertama yaitu kukus ikan lele, tidak perlu sampai matang. Yang penting daging ikan sudah cukup lunak dan gampang dipisahkan dari tulang/duri-durinya. Pisahkan semua daging ikan lele dari tulangnya kemudian haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender.
2.      Pindahkan kedalam wadah, masukkan telur, bawang merah halus, bawang putih halus, gula pasir, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata. Bisa menggunakan alat mixer roti agar lebih cepat.
3.      Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tercampur merata.
4.      Atur tekstur adonan, jika adonan terlalu kaku maka tambahkan air secukupnya. Tekstur adonan kira-kira seperti tekstur adonan nugget atau adonan mendoan, lembek namun tidak encer.
5.      Masukkan adonan kedalam plastik yang berdiameter kecil namun memanjang. Seperti plastik yang digunakan untuk membuat es mambo atau es potong. Ikat ujungnya agar adonan tidak keluar.
6.      Kukus adonan yang telah dimasukkan kedalam palstik selama kurang lebih 15-20 menit. Atau hingga adonan didalamnya menggumpal dan mengeras. Angkat lalu dinginkan.
7.      Keluarkan adonan yang sudah keras dari plastik. Potong-potong/iris adonan menggunakan pisau dengan ketebalan kira-kira 1-2 mm. Usahakan jangan terlalu tebal, atau perkirakan saja ketebalannya seperti kerupuk mantah pada umumnya.
8.      Jemur kerupuk ikan lele mentah di terik matahari hingga benar-benar kering. Setelah itu, kemudian kerupuk siap untuk digoreng.
9.      Untuk menggorengnya, gorenglah seperti menggoreng kerupuk pada umumnya. Panaskan minyak, kemudian masukkan kerupuk lele mentah dan goreng hingga mengembang. Angkat dan tiriskan.
10.  Kerupuk ikan lele gurih siap untuk dinikmati.
Untuk membuat kerupuk ini gunakan alat pemotong kerupuk ikan agar menghasilkan hasil yang bagus. 
Demikian artikel ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Ulang Tahun

Cara Membuat Bakpia Coklat Dengan Teflon